Tips Kecantikan Wajah Ala Asia Timur

Tips Kecantikan Wajah Ala Asia Timur
Siapa yang tidak ingin wajahnya terlihat cantik? Semua orang – baik wanita dan juga pria – ingin wajah mereka terlihat cantik, bersih, dan karenanya menarik dan menawan. Banyak orang rela mengeluarkan ongkos bahkan sampai berjuta-juta hanya untuk mendapatkan kecantikan tersebut.
Namun sebetulnya, ada cara yang cukup mudah lagi murah untuk mempertahankan kecantikan wajah. Dan cara itu bisa didapatkan hanya dengan bahan-bahan sederhana di sekitar kita.
Ide ini saya dapatkan ketika menonton salah satu film Korea terkenal berjudul Dae Jang Geum atau Jewel in The Palace, film yang mengisahkan kisah hidup dan perjuangan seorang wanita yang menjadi dokter wanita pertama – dan juga satu-satunya – yang mendapat penghargaan untuk melayani Kepala Negara di Korea (bagi yang tertarik mempelajari TCM, saya sangat… sangat menganjurkan kalian menonton film ini. Kalian akan mampu mempelajari TCM dengan lebih baik karena menonton sambil belajar merupakan hal yang menyenangkan, dan ini akan lebih membantu otak dalam menyerap pelajaran). Di salah satu episode, Jang Geum mengajarkan para dayang istana bagaimana caranya memelihara kecantikan wajah. Katanya,“Mengoleskan bai fuling 白茯苓 (ChinarootGreenbrierRhizome) dan madu di wajah dapat menghilangkan flek-flek hitam; abu dari pembakaran mulberry dapat menghilangkan jerawat; Fupenzi 覆盆子(Rubus idaeus) dapat membuat wajah lebih putih dan bersinar; dan cara yang paling ampuh untuk menjaga kelembaban wajah adalah menggunakan uap dari hasil tim air panas. Dan juga air cucian beras, dapat membuat wajah putih lagi lembut”
Tentu saja yang namanya film, banyak hal yang tidak dapat langsung dipercaya dan harus diteliti kebenarannya lebih lanjut. Namun, menurut dr. Yang Guohua, senior doctor of Beijing Wangjing Hospital, cara-cara tersebut memang benar tercatat di kitab-kitab kuno TCM dan karenanya terbukti kebenarannya.
Bai Fuling memiliki rasa manis dan hambar, bersifat netral, membuatnya menjadi powder dan menggabungkannya dengan madu lalu mengoleskannya di wajah, dapat menyembuhkan jerawat atau flek kekuningan/hitam pada wanita sehabis melahirkan.
Bai Fuling
Fupenzi mengandung vitamin C dll, berkhasiat Tonifikasi Hati dan Ginjal, serta Menjernihkan Penglihatan, sangat baik untuk kecantikan wanita (dan pria juga boleh mencobanya).
Abu mulberry benar mampu menghilangkan “dou” 痘, namun sebetulnya “dou” yang dimaksud film adalah “shui-dou” yang berarti cacar atau campak 水痘; 天花, dan bukan menunjuk ke arah jerawat.

 

Fupenzi
Bagi yang ingin menghilangkan jerawatnya, baik mengkonsumsi seledri, daun mint, bunga dandelion, krokot dan seruni. Namun dilarang mengonsumsi kopi, cokelat, serta cabai. Karena jerawat – menurut TCM – kebanyakan merupakan syndrome Panas, maka harus banyak mengonsumsi makanan yang bersifat Menyejukkan (misalnya sayuran hijau), dan menjaga kelancaran BAB. Dan harus menghindari makanan bersifat panas atau berlemak, karena dapat menambah syndrome Panas tersebut.
Daun Mint
Krokot ( 马齿苋 )
Seruni  (野菊花)
Mencucui muka dengan air cucian beras benar baik untuk kecantikan, karena beras memiliki vitamin yang mudah larut dalam air. Bersifat natural, juga sangat ekonomis, karenanya sangat dinjurkan oleh untuk dicoba. Namun dr. Yang juga mengingatkan, harus ada metode yang diikuti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yaitu, buanglah air cucian besar yang pertama kali (karena mengandung bakteri serta kotoran lainnya), dan pada air cucian yang kedua, endapkan dulu untuk beberapa saat, dan ambil bagian air yang berwarna keputihan, baru gunakan langsung untuk mencuci wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *